Mesin Pencari diciptakan untuk membantu aktivitas
browsing atau aktivitas mencari informasi di dunia internet. Pada
postingan sebelumnya, saya sudah membahas sedikit tentang macam-macam mesin
pencari serta pengembangnya.
Sama hal nya dengan manusia, mesin pencari juga
memiliki cara kerja tersendiri untuk melakukan pencarian yang kita inginkan.
Pencarian dapat berupa daftar yang terdiri dari
halaman web, gambar, informasi dan jenis file lainnya. Pada dasarnya ada
tiga jenis mesin pencari, yaitu :
- Mesin
pencari yang didukung oleh robot (crawler , spider atau ants)
- Mesin
pencari yang didukung oleh kiriman manusia ,dan
- Gabungan
keduanya.
Pada posting kali ini, saya akan lebih mendalami
bagaimana cara kerja mesin pencari yang di dukung oleh robot, seperti google
search, yahoo, MSN dan lain sebagainya.
Robot mesin pencari / sering disebut Web Robot menggunakan software otomatis bernama spider, bot, crawler untuk mencari web / blog dan menganalisa setiap halaman, maka data yang dikumpulkan dari tiap halaman ditambahkan ke indeks mesin pencari.
Robot mesin pencari / sering disebut Web Robot menggunakan software otomatis bernama spider, bot, crawler untuk mencari web / blog dan menganalisa setiap halaman, maka data yang dikumpulkan dari tiap halaman ditambahkan ke indeks mesin pencari.
Semua mesin pencari melakukan tiga hal:
A. Mereka mencari web untuk mengumpulkan dokumen
halaman web dan alamat web mereka menggunakan software spider atau crawler.
B. Pengindeksan, ekstrak informasi dari dokumen,
hal ini berdasarkan kata kunci atau keywords dan menyimpannya dalam database.
C. Mereka memungkinkan pengguna untuk mencari kata
atau kombinasi kata yang ditemukan dalam indeks tersebut.
Untuk melakukannya dengan baik setiap mesin pencari
harus merangkak atau crawling ke ratusan juta halaman, Kemudian Indeks halaman
web baru dan memperbarui database yang sudah tua , hal itu dilakukan terus
menerus.
A. Proses
Crawling
Spider
akan mulai dengan peringkat situs atau yang populer atau tinggi, mengindeks
kata-kata di halaman dan kemudian mengikuti setiap link yang ditemukan di dalam
situs. Dengan cara ini, spider mulai merangkak dan mengunjungi halaman yang
paling banyak digunakan di web. Isi setiap halaman dianalisa untuk menentukan
bagaimana harus diindeks.
Search
Engine mencari
kata kunci yang relevan dengan isi halaman web. Kemudian mengindeks halaman
dengan kata kunci tersebut.
Spider
melakukan crawling untuk kata kunci yang muncul dalam:
- Dalam
URL
- Dalam Judul
Posting
- Dalam
posting
- Dalam meta
tag
- Dalam
deskripsi
- High
up pada halaman
- Dalam
tag ALT untuk gambar
- Dalam
teks link untuk inbound link
Jika
situs memiliki page rank tinggi, maka spider lebih menyukainya.
Jadi spider menjelajahi seluruh web mulai dari situs populer untuk semua link
di situs tersebut. Tetapi jika situs atau blog kita sangat baru maka ada
kemungkinan kurang untuk mendapatkan inbound link atau link balik dari halaman
yang memiliki peringkat situs yang lebih tinggi.
Lalu Bagaimana
spider merangkak ke situs baru atau blog? Ada cara manual. Jika kita
memiliki situs atau blog baru, maka pertama submit ke search
engine populer.
B.
Pengindeksan
Tujuan
utama dari pengindeksan adalah untuk menemukan informasi yang secepat mungkin.
Dalam mesin pencari hanya bisa menyimpan kata kunci dan URL sebuah halaman
dalam database mereka. Untuk membuat hasil yang efisien dan berguna, maka
mesin pencari menyimpan kata kunci dan URL.
Biasanya search
engine menyimpan sejumlah kata kunci yang akan muncul di
halaman. Mesin bisa memberi peringkat ke setiap halaman web / blog, tergantung
pada banyak faktor seperti backlink, kata kunci, relevansi terhadap
konten. Tapi setiap mesin pencari menggunakan algoritma yang
berbeda tentang bagaimana pengindeksan halaman. Jadi hal ini adalah satu alasan
mengapa mesin pencari yang berbeda menghasilkan daftar pencarian yang berbeda
pula untuk pencarian kata kunci tertentu.
C.
Searching
Ketika
kita mencari kata kunci tertentu di situs mesin pencari, mesin akan
mengembalikan sebuah daftar halaman web yang paling cocok dengan memeriksa
database indeks tersebut. Kemudian memberikan deskripsi singkat tentang konten
yang berisi judul dan URL di SERPs.
Untuk menggunakan
mesin pencari dengan lebih efisien kita bisa mengikuti petunjuk di bawah ini:
- Bila
kita ingin memasukkan keyword di search engine dengan kata DAN, akan lebih
baik bila kata “DAN” diganti dengan “+” .
- Bila
kita ingin memasukkan keyword di search engine dengan kata ATAU, akan
lebih baik bila kata “ATAU” diganti dengan “|” .
- Bila
kita ingin memasukkan keyword di search engine dengan Quotation
Marks. Kata antara tanda kutip dianggap sebagai frase. Alangkah baiknya
harus berada pada halaman web.
Contoh Search Engine
1.
Google
merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian
Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998.
Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998.
Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.
2. Web crawl dapat digunakan untuk beragam tujuan.
Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait atau berhubungan langsung
dengan search engine. Search engine menggunakan web crawl untuk mengumpulkan
informasi mengenai apa yang ada di halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya
adalah mengumpukan data sehingga ketika pengguna Internet mengetikkan kata
pencarian di komputernya, search engine dapat dengan segera menampilkan web
site yang relevan dan sesuai dengan yang dicari.
Ketika web crawl search engine
mengunjungi halaman web, ia “membaca” teks yang terlihat, hyperlink, dan konten
berbagai tag yang digunakan dalam situs seperti meta tag yang banyak berisi
keyword. Berdasar kaninformasi yang dikumpulkan web crawl, search engine akan
menentukan situs dan mengindex informasinya. Website tersebut kemudian
dimasukkan ke dalam database search engine dan dilakukan proses penentuan
ranking setiap halamannya.
3. Cara
kerja Yahoo Search Engine dalam
menentukan peringkat hasil berdasarkan relevansi dari halaman web untuk sebuah
pencarian kata kunci tertentu dengan menganalisis konten halaman web teks,
judul, dan deskripsi serta sumber, link terkait, dan karakteristik lain dokumen
unik.
Keunikan konten dan merupakan SEO
OnPage yang menjadi acuan cukup besar pada mesin pencari Yahoo, unik disini
berarti tidak copy paste tetapi suatu konten dengan kualitas yang masih segar
dari penelusuran di lakukan mesin pencari Yahoo..
Perlu dimengerti dan di pahami
bahwa peringkat web atau halaman web dari hasil penelusuran tidak statis atau
tetap dengan posisi yang sama, tetapi selalu berubah menyesuaikan dengan
analisis yang dilakukan oleh Yahoo.
0 komentar:
Posting Komentar