Rabu, 08 Oktober 2014

Cara Kerja Mesin Pencari

Diposting oleh BelajarAsik di 10.50

Mesin Pencari diciptakan untuk membantu aktivitas browsing atau aktivitas mencari informasi di dunia internet. Pada postingan sebelumnya, saya sudah membahas sedikit tentang macam-macam mesin pencari serta pengembangnya.
Sama hal nya dengan manusia, mesin pencari juga memiliki cara kerja tersendiri untuk melakukan pencarian yang kita inginkan.
Pencarian dapat berupa daftar yang terdiri dari halaman web, gambar, informasi dan jenis file lainnya. Pada dasarnya ada tiga jenis mesin pencari, yaitu :

  1. Mesin pencari yang didukung oleh robot (crawler , spider atau ants)
  2. Mesin pencari yang didukung oleh kiriman manusia ,dan
  3. Gabungan keduanya.

Pada posting kali ini, saya akan lebih mendalami bagaimana cara kerja mesin pencari yang di dukung oleh robot, seperti google search, yahoo, MSN dan lain sebagainya.
Robot mesin pencari / sering disebut Web Robot menggunakan software otomatis bernama spider, bot, crawler untuk mencari web / blog dan menganalisa setiap halaman, maka data yang dikumpulkan dari tiap halaman ditambahkan ke indeks mesin pencari.

Semua mesin pencari melakukan tiga hal:
A. Mereka mencari web untuk mengumpulkan dokumen halaman web dan alamat web mereka menggunakan software spider atau crawler.
B. Pengindeksan, ekstrak informasi dari dokumen, hal ini berdasarkan kata kunci atau keywords dan menyimpannya dalam database.
C. Mereka memungkinkan pengguna untuk mencari kata atau kombinasi kata yang ditemukan dalam indeks tersebut.
Untuk melakukannya dengan baik setiap mesin pencari harus merangkak atau crawling ke ratusan juta halaman, Kemudian Indeks halaman web baru dan memperbarui database yang sudah tua , hal itu dilakukan terus menerus.

A. Proses Crawling

Spider akan mulai dengan peringkat situs atau yang populer atau tinggi, mengindeks kata-kata di halaman dan kemudian mengikuti setiap link yang ditemukan di dalam situs. Dengan cara ini, spider  mulai merangkak dan mengunjungi halaman yang paling banyak digunakan di web. Isi setiap halaman dianalisa untuk menentukan bagaimana harus diindeks.
Search Engine mencari kata kunci yang relevan dengan isi halaman web. Kemudian mengindeks halaman dengan kata kunci tersebut. 
Spider melakukan crawling untuk kata kunci yang muncul dalam:
  1. Dalam URL
  2. Dalam Judul Posting
  3. Dalam posting
  4. Dalam meta tag
  5. Dalam deskripsi
  6. High up pada halaman
  7. Dalam tag ALT untuk gambar
  8. Dalam teks link untuk inbound link
Jika situs memiliki page rank tinggi, maka spider lebih menyukainya. Jadi spider menjelajahi seluruh web mulai dari situs populer untuk semua link di situs tersebut. Tetapi jika situs atau blog kita sangat baru maka ada kemungkinan kurang untuk mendapatkan inbound link atau link balik dari halaman yang memiliki peringkat situs yang lebih tinggi.

Lalu Bagaimana spider merangkak ke situs baru atau blog? Ada cara manual.  Jika kita memiliki situs atau blog baru, maka pertama submit ke search engine populer.

B. Pengindeksan

Tujuan utama dari pengindeksan adalah untuk menemukan informasi yang secepat mungkin. Dalam mesin pencari hanya bisa menyimpan kata kunci dan URL sebuah halaman dalam database mereka.  Untuk membuat hasil yang efisien dan berguna, maka mesin pencari menyimpan kata kunci dan URL.

Biasanya search engine  menyimpan sejumlah kata kunci yang akan muncul di halaman. Mesin bisa memberi peringkat ke setiap halaman web / blog, tergantung pada banyak faktor seperti backlink, kata kunci, relevansi terhadap konten. Tapi setiap mesin pencari menggunakan algoritma yang berbeda tentang bagaimana pengindeksan halaman. Jadi hal ini adalah satu alasan mengapa mesin pencari yang berbeda menghasilkan daftar pencarian yang berbeda pula untuk pencarian kata kunci tertentu.

C. Searching

Ketika kita mencari kata kunci tertentu di situs mesin pencari,  mesin akan mengembalikan sebuah daftar halaman web yang paling cocok dengan memeriksa database indeks tersebut. Kemudian memberikan deskripsi singkat tentang konten yang berisi judul dan URL di SERPs.

Untuk menggunakan mesin pencari dengan lebih efisien kita bisa mengikuti petunjuk di bawah ini:
  • Bila kita ingin memasukkan keyword di search engine dengan kata DAN, akan lebih baik bila kata “DAN” diganti dengan “+” .
  • Bila kita ingin memasukkan keyword di search engine dengan kata ATAU, akan lebih baik bila kata “ATAU” diganti dengan “|” .
  • Bila kita ingin memasukkan keyword di search engine dengan Quotation Marks. Kata antara tanda kutip dianggap sebagai frase. Alangkah baiknya harus berada pada halaman web.

Contoh Search Engine
1.        Google merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998.
Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.
2.      Web crawl dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait  atau berhubungan langsung dengan search engine. Search engine menggunakan web crawl untuk mengumpulkan informasi mengenai apa yang ada di halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya adalah mengumpukan data sehingga ketika pengguna Internet mengetikkan kata pencarian di komputernya, search engine dapat dengan segera menampilkan web site yang relevan dan sesuai dengan yang dicari.
Ketika web crawl search engine mengunjungi halaman web, ia “membaca” teks yang terlihat, hyperlink, dan konten berbagai tag yang digunakan dalam situs seperti meta tag yang banyak berisi keyword. Berdasar kaninformasi yang dikumpulkan web crawl, search engine akan menentukan situs dan mengindex informasinya. Website tersebut kemudian dimasukkan ke dalam database search engine dan dilakukan proses penentuan ranking setiap halamannya.
3.   Cara kerja Yahoo Search Engine dalam menentukan peringkat hasil berdasarkan relevansi dari halaman web untuk sebuah pencarian kata kunci tertentu dengan menganalisis konten halaman web teks, judul, dan deskripsi serta sumber, link terkait, dan karakteristik lain dokumen unik.
Keunikan konten dan merupakan SEO OnPage yang menjadi acuan cukup besar pada mesin pencari Yahoo, unik disini berarti tidak copy paste tetapi suatu konten dengan kualitas yang masih segar dari penelusuran di lakukan mesin pencari Yahoo..
Perlu dimengerti dan di pahami bahwa peringkat web atau halaman web dari hasil penelusuran tidak statis atau tetap dengan posisi yang sama, tetapi selalu berubah menyesuaikan dengan analisis yang dilakukan oleh Yahoo.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Afinda Nofi Nurfiyana Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting