User
Interface adalah penghubung atau mediator antara komputer dan manusia atau user
komputer itu agar hubungan antara perangkat komputer dengan user bisa terjalin.
User interface sangat berperan penting dalam dunia komputer karena dengan adanya user interface maka kemudahan user dalam mengoperasikan suatu perangkat komputer menjadi lebih mudah.
Konsep
User Interface
Mengkonsep
user interface secra benar tidaklah mudah. Terdapat begitu banyak aspek yang
pelu diperhatikan. User interface akan mengacu pada beragam aplikasi teknologi
mulai dari electronic display, software aplikasi computer,aplikasi web,
aplikasi mobile,hingga aplikasi kiosk Informasi public. Kioks adalah peralatan
sistem informasi publik yang dirancang sedemikian rupa yang ditujukan untuk
beragam kondisi user, baik secara usia, gender, latar belakang kultural,
tingkat pemahaman dan pendidikan bahkan kondisi keterbatasan fisik yang
berbeda.
Tehnik
antar muka /interface
Terdapat
tiga teknik antar muka / inter face:
•Linguistic
styles
•Key
modal styles
•Direct
manipulation styles
LINGUISTIC
STYLES
Linguistic
styles adalah penyampaian “aksi” melalui bahasa yang dimengerti oleh computer.
Cirri teknik ini antara lain:
•Masukan
aksi melalui papan ketik alphabet yang ditulis atau diketik.
•Bahasa
yang dimengerti oleh computer merupakan bagian kecil dari bahasa manusia
•Adanya
aturan penulisan (syntax) dan semantic untuk menyatakan perintah
KEY
MODALS STYLE
Key
Modals Style adalah penyampaian aksi melalui penekanan tombol-tombol yang
deprogram sebelumnya untuk menjalankan fungsi-fungsi. Cir teknik ini antara
lain:
•Masukan
aksi melalui tombol fungsi atau tombol alphabet
•Instruksi
langkah demi langkah
•Digunakan
dalam system berjalan
DIRECT MANIPULATION STYLE
Direct
Manipulation Style adalah penyampaian perintah melalui manipulas objek
tertentu. Cirri teknik ini antara lain:
•Ditampilkannya
objek untuk interaksi pengguna
•Ditampilkannya
penunjuk untuk memanipulasi objek
•Perintah
diterapkan langsung pada objek
•Respon
seketika pada fungsi objek
Interface
yang ada untuk berbagai sistem, dan menyediakan cara :
·Input, memungkinkan pengguna untuk
memanipulasi sistem.
·Output, memungkinkan sistem untuk
menunjukkan efek manipulasi pengguna.
Tujuan Interface
Tujuan
sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar
user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan
bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat
tertua (barangkali kedua tertua setelah gesture) yang dipakai orang untuk
berkomunikasi sehari-harinya. Praktis, semua pengguna komputer dan Internet
(kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca) dapat
mengerti tulisan.
Meski
pada umumnya panduan interface menyarankan agar ikon tidak diberi tulisan
supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen interface lain seperti teks pada
tombol, caption window, atau teks-teks singkat di sebelah kotak input dan
tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa
tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal.
Meskipun
penting, namun sayangnya kadang penggunaan bahasa, seperti pemilihan istilah,
sering sekali dianggap kurang begitu penting. Terlebih dari itu dalam dunia
desain situs Web yang serba grafis, bahasa sering menjadi sesuatu yang nomor
dua ketimbang elemen-elemen interface lainnya.
Tujuan
sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar
user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan
bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat
tertua (barangkali kedua tertua setelah gesture) yang dipakai orang untuk
berkomunikasi sehari-harinya. Praktis, semua pengguna komputer dan Internet
(kecuali mungkin anak kecil yang memakai komputer untuk belajar membaca) dapat
mengerti tulisan. Interface ada dua jenis, yaitu :
Interface ada dua jenis, yaitu :
Graphical
Interface : Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar, suara, video)
untuk berinteraksi dengan pengguna.
Text-Based
: Menggunakan syntax/rumus yang sudah ditentukan untuk memberikan perintah.
PERBANDINGAN INTERFACE
Graphical Interface
Ada 5 tipe utama interaksi untuk
interaction:
Direct
manipulation – pengoperasian secara langsung : interaksi langsung dengan objek
pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash. Contoh: Video
games.
Kelebihan : Waktu pembelajaran sangat singkat, feedback langsung
diberikan pada tiap aksi sehingga kesalahan terdeteksi dan diperbaiki dengan
cepat.
Kekurangan : Interface tipe ini rumit dan memerlukan banyak
fasilitas pada sistem komputer, cocok untuk penggambaran secara visual untuk
satu operasi atau objek.
Menu selection – pilihan berbentuk menu :
Memilih perintah dari daftar yang disediakan. Misalnya saat click kanan dan
memilih aksi yang dikehendaki.
Kelebihan : tidak perlu ingat nama
perintah. Pengetikan minimal. Kesalahan rendah.
Kekurangan : Tidak ada logika
AND atau OR. Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan. Menu dianggap lambat
oleh expert dibanding command language.
Form fill-in – pengisian form : Mengisi
area-area pada form. Contoh : Stock control.
Kelebihan : Masukan data yang
sederhana. Mudah dipelajari Kekurangan : Memerlukan banyak tempat di layar.
Harus menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan.
Command language – perintah tertulis : Menuliskan
perintah yang sudah ditentukan pada program. Contoh: operating system.
Kelebihan : Perintah diketikan langsung pada system. Misal UNIX, DOS command.
Bisa diterapkan pada terminal yang murah.Kombinasi perintah bisa dilakukan.
Misal copy file dan rename nama file. Kekurangan : Perintah harus dipelajari
dan diingat cara penggunaannya, tidak cocok untuk biasa. Kesalahan
pakai perintah sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan kesalahan.Kemampuan
mengetik perlu.
TIPE
INTERFACE :
Tipe
interface pada sistem operasi :
1. Command Line Interface
(CLI)
2. Graphical User Interface
(GUI)
Media Penyimpanan pada system Operasi, yaitu :
A. HARDDISK
Pengertiannya adalah suatu ruang simpan utama dalam sebuah
computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor
dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.
B. RAM
Pengertiannya adalah perangkat yang berfungsi mengolah data atau intruksi. Semakin besar memori yang disediakan, semakin banyak data maupun intruksi yang dapat mengolahnya.
B. RAM
Pengertiannya adalah perangkat yang berfungsi mengolah data atau intruksi. Semakin besar memori yang disediakan, semakin banyak data maupun intruksi yang dapat mengolahnya.
TIPE
INTERAKSI :
Tipe interaksi pada interaction:
1. Direct adalah suatu pengoperasian secara langsung dengan
objek pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash.
2. Menu selection adalah suatu yang memilih perintah dari
daftar yang disediakan.
3. Command language adalah suatu penulisan perintah yang
sudah ditentukan pada program.
4. Natural language – perintah dengan bahasa alami :
Menggunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil.
Text
interface
Merupakan user interface berupa text ataupun perintah-perintah yang diketikan langsung oleh user untuk melakukan atau mengeksekusi sesuatu. Contoh dari text interface : Command Line Interface (Unix, Linux) dan juga Command Prompt (Windows).
Berbasis teks antarmuka pengguna (TUI), juga disebut antarmuka pengguna tekstual atau antarmuka pengguna terminal, [ klarifikasi diperlukan ] adalah retronym yang diciptakan sesaat setelah penemuan antarmuka pengguna grafis , untuk membedakan mereka dari berbasis teks antarmuka pengguna . Konsep TUI merujuk terutama pada cara produksi dan tidak bertepatan dengan antarmuka baris perintah yang merupakan tertentu input pengguna modus. Sebuah maju TUI mungkin, seperti GUI, menggunakan wilayah seluruh layar dan tidak selalu memberikan baris demi baris output, meskipun tuis hanya menggunakan teks, simbol dan warna yang tersedia di lingkungan teks yang diberikan.
Dari
sudut pandang teks aplikasi, terdapat tiga kemungkinan berikut tentang layar
teks dan komunikasi dengan itu, diperintahkan oleh penurunan aksesibilitas.
Sebuah
asli mode teks layar, dikendalikan oleh video adapter atau prosesor pusat itu
sendiri. Ini adalah kondisi yang normal untuk aplikasi lokal berjalan pada
berbagai jenis komputer pribadi dan perangkat mobile. Jika tidak terhalang
oleh sistem operasi, program pintar mungkin memanfaatkan kekuatan penuh dari
mode teks hardware.
Sebuah
mode teks emulator. Contohnya adalah xterm untuk X Window System dan konsol
win32 (dalam mode window) untuk Microsoft Windows. Hal ini biasanya mendukung
program-program yang mengharapkan tampilan teks modus real, tapi dapat berjalan
jauh lebih lambat. Fungsi-fungsi tertentu dari mode teks canggih, seperti
sendiri font yang upload, hampir pasti menjadi tidak tersedia.
Sebuah remote terminal teks. Kemampuan komunikasi biasanya menjadi berkurang menjadi garis serial atau emulasi nya, mungkin dengan sedikit ioctl () s sebagai out-of-band channel dalam kasus seperti Telnet dan Secure Shell. Ini adalah kasus terburuk, karena pembatasan software menghambat penggunaan kemampuan perangkat remote display.
Sebuah remote terminal teks. Kemampuan komunikasi biasanya menjadi berkurang menjadi garis serial atau emulasi nya, mungkin dengan sedikit ioctl () s sebagai out-of-band channel dalam kasus seperti Telnet dan Secure Shell. Ini adalah kasus terburuk, karena pembatasan software menghambat penggunaan kemampuan perangkat remote display.
Di
bawah Linux dan Unix-seperti sistem, program dengan mudah mengakomodasi ke
salah satu dari tiga kasus karena antarmuka yang sama (yaitu, aliran standar )
digunakan untuk mengontrol layar dan keyboard. Juga, perpustakaan pemrograman
khusus membantu untuk output teks dalam cara yang tepat untuk perangkat layar
yang diberikan dan antarmuka untuk itu. Lihat di bawah perbandingan ke Windows.
Jenis-jenis User Interface
Ada dua jenis user interface, yaitu:
1 Command Line Inteface (CLI)
:
CLI (Command Line Interface) adalah tipe antarmuka dimana penggun berinteraksi dengan system operasi melalui text terminal. CLI adalah sebuah bentuk antarmuka antara sistem operasi dan pemakai dimana pemakai mengetikkan perintah-perintah dengan menggunakan perintah dalam bentuk teks dan sebuah metode untuk memasukinya.
Pengguna
CLI biasanya adalah administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Setiap
sistem operasi memberi nama CLI- nya berbeda-beda. Unix member nama CLI-nya sebagai
bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Ms-Dos memberi nama CLI-nya command.com
atau command prompt. Sedangkan Windows Vista, Microsoft menamakannya
Powershell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai Terminal, sedangkan
pada Apple atau machintosh namanya adalah commandshell.
Graphical User Interface
(GUI)
Saat ini interface yang banyak
digunakan dalam software adalah GUI (Graphical User Interface). Penganut GUI
biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan system operasi Wndows. Bagi
mereka, GUI adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi.
GUI adalah tipe antarmuka yang
digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan system operasi melalui
gambar-gambar grafik, kon, dan menggunakan perangkat penunjuk (pointing device)
seperti mouse atau track ball.
Sama seperti CL, tiap-tiap siste
operasi memiliki nama tersendiri untuk komponen GUI-nya. Pada Apple Mac OS X,
GUI-nya disebut Aqua. Microsoft member nama GUI pada Windows XP sebagai Lunar
dan GUI Windows Vista sebagai Aero. Pada Linux, ada dua pengembangan utama
desktop environment, yang masing-masing menghasilkan roduk KDE (K Desktop
Environment) dan GNOME.
GUI
adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan
system operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon menu, dan menggunakan
perangkat petunjuk (pointing device) Seperti mouse dan track ball.
Elemen-elemen utama dari GUI bias diringkas dalam konsep WIMP (window. Icon,
menu, pointing device).
Fitur Antar Muka Penguna Telematika
Dalam Antar Muka Telematika terdapat 6 jenis fitur yaitu:
1. Head Up Display
System Merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa
mengharuskan penggunaannya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang
biasanya.
2. Tangible
User Interface Antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi
digital lewat lingkungan fisik.
3. Computer
Vision Merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat.
4. Browsing
Audio Data Browsing audio data adalah kemampuan mesin untuk mencari data dengan
menggunakan input audio
5. Speech
Recognition Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara
menjadi tulisan
6. Speech
Synthesis Merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia.
Pada komputer sendiri
interface mempunyai fungsi penting dalam menghubungkan mikroprosesor secara langsung dengan piranti yang ingin
dijalankannya. Diperlukan suatu teknik untuk mengantarmukakan (interfacing)
pemroses utama dengan piranti dari luar. Teknik ini dapat digunakan melalui :
1. Perangkat Lunak,
berupa program yakni suatu prosedur tertentu untuk menjalankan piranti. Dalam
dunia computer program ini lebih dikenal dengan Driver/Installer. Adapula
perangkat lunak yang dimasukkan kedalam perangkat keras yang disebut Firmware.
2. Perangkat Keras,
yakni berupa piranti khusus mulai dari serpih (IC) yang terintegrasi dalam
sebuah papan induk (Chipsets-Onboard), berupa sebuah port atau bahkan
terintergrasi kedalam papan yang ditancapkan pada system bus (Card).
Bahasa dalam User Interface
Tujuan
sebuah user interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia
agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini
penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa
merupakan alat tertua yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya.
Praktis semua pengguna komputer dan Interface dapat mengerti tulisan.
Meski
pada umumnya panduan user interface menyarankan agar ikon tidak diberi tulisan
supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen user interface lain seperti teks
pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat di sebelah kotak input dan
tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa
tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal.
Meskipun
penting, namun sayangnya kadang penggunaan bahasa, seperti pemilihan istilah,
sering sekali dianggap kurang begitu penting. Terlebih dari itu dalam dunia
desain situs Web yang serba grafis, bahasa sering menjadi sesuatu yang nomor
dua ketimbang elemen-elemen interface lainnya. Artikel ini akan mencoba
memberikan beberapa pertimbangan pemilihan bahasa dan istilah untuk
meningkatkan usability melalui perbaikan komunikasi dengan user.
SUMBER :
0 komentar:
Posting Komentar