Haii
sobat blogger.. berjumpa lagi dengan saya. Kali ini saya akan berbagi tentang
tugas saya, yaitu tugas mata kuliah Orgaisasi dan Arsitektur Komputer..
Langsung saja yaa…
TUGAS 1
1.
Apa yang dimaksud dengan komputer dengan program
tersimpan (stored program computer)?
Jelaskan!
Jawab :
Komputer dengan program tersimpan (stored program computer) adalah komputer yang dapat bekerja secara
otomatis dengan melalui sebuah perintah masukan/inputan dari pengguna, kemudian komputer akan mengolahnya dan hasil
olahanya/outputnya akan ditampilkan
berupa sebuah informasi, dan hasil pengolahan yang berupa informasi itu dapat
tersimpan di dalam memori komputer (storage memori) dengan baik.
Dalam program komputer yang
tersimpan
terdapat program
(kumpulan intruksi) yang direpresentasikan dan disimpan dalam memori bersama
data-data dan kemudian intruksi-intruksi tersebut di eksekusi. Komputer
mendapat instruksi dengan membaca memori, dan program dapat diatur atau diubah
dengan menetapkan nilai dari sebagian memori. Sasaran yang akan dicapai
komputer sesuai atau bergantung program yang disimpan untuk dieksekusi. Konsep
ini menghasilkan keluwesan atau biasa disebut dengan fleksibilitas.
2.
Sebutkan dan jelaskan fungsi 4 bagian utama komputer serba guna (general purpose computer)?
Jawab :
Yang
termasuk dalam fungsi bagian utama komputer serba guna atau general purpose computer antara lain :
a) Data Storage atau RAM
(Random Accses Memori)
RAM
(Random Accses Memori) adalah bagian penting dari komputer dimana program
yang dijalankan di komputer semua diolah di dalam memori ini. RAM atau memori
yang dapat diakses secara acak, merupakan memori yang dapat dibaca dan
ditulisi. Data dan Program yang tersimpan di RAM bersifat sementara selama
komputer hidup, jika komputer dimatikan data dan program yang ada akan hilang
(dikosongkan lain).
b) Data Processing (Prosesor)
Data
Processing (Prosesor) adalah perangkat utama komputer yang
mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari
dua bagian utama, yaitu :
·
Control Unit (CU)
merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang
terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
·
Arithmetic Logic Unit (ALU)
merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah,
mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
c) Data movement (Input / Ouput device)
·
Input device adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukan data kedalam
memory komputer. Contohnya
Monitor, joystick, dll
·
Output Device adalah
perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke
kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara.
Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya. Dari
penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut
diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah
sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah
tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita
lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.
d) Data Control (System Bus)
Jalur
bus yang digunakan untuk mentransfer data dapat dikelompokkan menjadi tiga
tipe, yaitu jalur data, alamat, dan kontrol. Sinyal kontrol menetapkan apakah
operasi baca tulis yang dilakukan. Biasanya digunakan jalur R/W tunggal. Jalur
tersebut menetapkan Read pada saat diset 1 dan Write pada saat diset 0. apabila
dimungkinkan menggunakan beberapa ukuran operand seperti byte, word, atau long
word, maka ukuran data yang diminta juga diindikasikan.
3.
Sebutkan dan jelaskan karakteristik-karakteristik utama
keluarga-komputer (beberapa seri komputer yang dibuat saling cocok satu sama
lain, misalnya keluarga IBM System/360).
Jawab :
Karakteristik-karakteristik
utama keluarga-komputer :
1.
Perangkat innstruksi
yang sama atau identik
•
Dalam banyak kasus,
perangkat instruksi yang persis sama didukung oleh semua jenis komputer dalam
satu keluarga tersebut. Jadi, program yang dapat dieksekusi dalam salah satu
jenis komputer pasti dapat dieksekusi juga di komputer lainnya. Biasanya, jenis
yang paling murah dalam keluarga itu memiliki perangkat instruksi yang
merupakan subset dari komputer jenis yang paling mahal, sehingga program dapat
dieksekusi oleh jenis komputer yang lebih mahal, tidak selalu berarti
sebaliknya.
2.
Sistem operasi yang
sama atau identik
•
Sistem operasi dasar
disediakan untuk seluruh jenis komputer dalam satu keluarga. Dalam banyak
kasus, fitur tambahan diberikan untuk jenis yang lebih mahal.
3.
Kecepatannya
meningkat
•
Laju eksekusi instruksi
semakin cepat untuk jenis yang semakin mahal
4.
Jumlah port I/O
bertambah
•
Jumlah port I/O
semakin banyak untuk jenis yang semakin mahal.
5.
Ukuran memori yang
semakin besar
•
Ukuran memori utama
semakin besar pada jenis yang semakin mahal.
6.
Harga
•
Model yang semakin
canggih dihargai lebih mahal.
Karakteristik utama komputer IBM System/360
4.
Berikut ini dimisalkan dua jenis komputer dengan dua perangkat instruksi
yang berbeda, masing-masing bekerja dengan laju detak (clock rate) 200 MHz. Tabel berikut ini menunjukkan hasil pengukuran
dengan menggunakan seperangkat program benchmark.
Tipe Instruksi
|
Jumlah Instruksi (dalam juta)
|
Siklus per Instruksi (CPI: Cycles per
Instruction)
|
Komputer A
|
||
Aritmetika
dan Logika
|
8
|
1
|
Isikan
dan Simpan (Load and Store)
|
4
|
3
|
Percabangan
|
2
|
4
|
Instruksi
lain
|
4
|
3
|
Komputer B
|
||
Aritmetika
dan Logika
|
10
|
1
|
Isikan
dan Simpan (Load and Store)
|
8
|
2
|
Percabangan
|
2
|
4
|
Instruksi
lain
|
4
|
3
|
a. Tentukan CPI efektif, laju MIPS, dan waktu eksekusi tiap-tiap komputer.
b. Berikan komentar atas hasil yang didapatkan.
Jawab :
b. Perlu waktu yang lebih lama untuk CPU mengeksekusi set yang sama dari
program benchmark walaupun Komputer B memiliki MIPS lebih tinggi dari Komputer
A.
0 komentar:
Posting Komentar