Identifier
Identifier adalah
nama. Lebih lengkapnya, identifier merupakan nama yang digunakan untuk mengidentifikasi
elemen program, misalnya nama variabel, nama konstanta, nama kelas, dan
lain-lain.
Aturan
identifier untuk Java adalah sebagai berikut:
• Identifier
tidak boleh diambil dari keyword, atau true, false, null.
• Identifier
boleh menggunakan huruf, angka 0-9, garis bawah (underscore), atau tanda
dolar “$”.
• Identifier
harus dimulai dengan huruf, garis bawah, atau tanda Dollar “$”.
Jika menyalahi
ketentuan di atas, program Java tidak akan dapat dikompilasi karena error.
Tipe Data
Primitif
Semua nilai
dalam Java adalah referensi terhadap objek. Namun, untuk fleksibilitas, Java
tetap mempertahankan tipe data dengan nilai biasa atau bisa juga tipe data
primitif (primitive types). Tipe data primitive adalah tipe data yang
mempunyai nilai tertentu, bukan referensi class ataupun objek. Berdasarkan tipe
datanya, data primitif dapat dikelompokkan menjadi empat:
• Tipe data
integer atau bilangan bulat: byte, short, int, long.
• Tipe data
float atau bilangan nyata: float, double.
• Tipe data char
atau karakter: char.
• Tipe data
Boolean: boolean.
Tipe Data
Boolean
Boolean
digunakan untuk menentukan suatu kondisi apakah benar (true) atau salah
(false). Nilai boolean sering digunakan untuk mengatur alur program,
terutama pada perulangan dan pencabangan.
boolean isLulus
= true; // sudah lulus
boolean
isCumlaude = false; // tidak cumlaud
Tipe Data Char
Tipe karakter
dalam Java mempunyai ukuran 16 bit atau setara dengan 216=65.536 kode. 256 kode
pertama dalam tipe data char digunakan oleh karakter ASCII. Karakter ASCII
merupakan karakter-karakter yang banyak digunakan dalam bahasa Inggris. Untuk
mencari tahu informasi tentang karakter
Tipe Data
Integer
Integer
merupakan bilangan bulat. Dalam bahasa Java terdapat empat buah tipe integer.
Semuanya dapat bernilai negatif maupun positif: byte, short, int, dan long.
Perbedaan keempat integer tersebut hanyalah
pada ukurannya,
yaitu mulai dari 8 bit, 16 bit, 32 bit, dan 64 bit. Semakin besar ukuran tipe
data integer tersebut, semakin besar ukuran nilai yang dapat ditampung.
Tipe Data
Floating Point
Floating point
merupakan bilangan rasional. Dalam bahasa Java terdapat dua buah tipe data
floating point: float dan double. Perbedaan keduanya hanya pada ukuran, yaitu
masing-masing 32 bit dan 64 bit.
Class, Suatu jenis
yang mendefinisikan implementasi dari jenis objek tertentu.
Sebuah defenisi kelas mendefinisikan instance kelas bidang dan metode dan
kelas batin serta menetukan antar muka kelas dan segera
mengimplementasikan superclass kelas. Jika superclasstidak secara
eksplisit ditentukan, superclass secara implicit object.
Abstract, Abstract
class dalam java digunakan untuk mendeklarasikan karakteristik umum
dari subclass. Abstract class tidak bisa diinstansiasi sama halnya dengan
kelas interface. abstract class hanya bisa digunakan sebagai super class,
tapi juga bisa diturunkan dari class abstract lainnya. Untuk
mendeklarasikan sebuah abstract class (syntax) digunakan keyword abstract
:
[abstract] class [class_name]
Sebuah abstract class pada dasarnya tidak hauh beda dengan class
lainnya, yakni juga berisi method yang menggambarkan carakteristik dari kelas
abstract tersebut, bedanya yakni sebuah abstract class bisa berisi
method tanpa diimplementasikan artinya sebuah method tanpa body, methid
seperti ini disebut method abstract. untuk pendeklarasiannya
digunakan keyword abstract:
[abstract] modifier class [class_name]
Contoh penggunaan pada program :
abstract class Shape {
public String color;
//constractor default, constraktor yang tidak memiliki argumen dan isi
public Shape() {
}
//sama halnya dengan kelas biasa abstract class juga bisa berisi method
//seperti yang ada pada kelas biasa
public void setColor(String c) {
color = c;
}
public String getColor() {
return color;
}
//sebuah abstract method yang tidak memiliki body
//method ini akan diinisialisasi nantinya pada subclass yang mewarisi kelass abstract Shape ini
//semua abstract method yang ada pada class abstract harus diimplementasikan
//semua oleh subclass
abstract public double area();
}
//keyword extends adalah keyword yang digunakan oleh subclass
//ketika melakukan pewarisan terhada super class
public class Point extends Shape {
static int x, y;
public Point() {
x = 0;
y = 0;
}
public double area() {
return 0;
}
public double perimeter() {
return 0;
}
public static void print() {
System.out.println("point: " + x + "," + y);
}
public static void main(String args[]) {
Point p = new Point();
p.print();
}
}
output
point: 0, 0
public String color;
//constractor default, constraktor yang tidak memiliki argumen dan isi
public Shape() {
}
//sama halnya dengan kelas biasa abstract class juga bisa berisi method
//seperti yang ada pada kelas biasa
public void setColor(String c) {
color = c;
}
public String getColor() {
return color;
}
//sebuah abstract method yang tidak memiliki body
//method ini akan diinisialisasi nantinya pada subclass yang mewarisi kelass abstract Shape ini
//semua abstract method yang ada pada class abstract harus diimplementasikan
//semua oleh subclass
abstract public double area();
}
//keyword extends adalah keyword yang digunakan oleh subclass
//ketika melakukan pewarisan terhada super class
public class Point extends Shape {
static int x, y;
public Point() {
x = 0;
y = 0;
}
public double area() {
return 0;
}
public double perimeter() {
return 0;
}
public static void print() {
System.out.println("point: " + x + "," + y);
}
public static void main(String args[]) {
Point p = new Point();
p.print();
}
}
output
point: 0, 0
Assert, Assertion
digunakan untuk mengetes asumsi kita tentang sesuatu, dalam pengertian
lain menyebutkan bahwa assert merupakan kata kunci yang ditambahkan dalam J2SE
1,4, digunakan untuk membuat pernyataan yang programmer percaya
selalu benar dititik dalam program. Jika pernyataan akan diaktifkan ketika
program dijalankan dan ternyata bahwa pernyataan adalah palsu, Kata kunci
ini dimasukkan untuk membantu dalam debugging.
Syntax assert ada dua, yaitu :
assert booleanExpression;
assert booleanExpression;
bila booleanExpression pada syntax 1 dan 2
bernilai false, maka assert akan melemparkan esception(AssertError).
Tapi apabila booleanExpression bernilaitrue, maka tidak akan terjadi
apa-apa.
Bila booleanExpression pada syntax
kedua bernilai false maka StringExpressionakan ditambahkan pada
stack trace, biasanya syntax kedua digunakan untuk menambahkan kejelasan
mengapa terjadi AssertionError.
contoh penggunaan dalam progam:
public class Assert01
{ boolean checkSesuatu(boolean nilaiKembalian)
{
System.out.println("Di dalam checkSesuatu()");
return nilaiKembalian;
}
void doAssert()
{
System.out.println("Sebelum assert");
//Sintaks 1 dengan booleanExpression bernilai
//true
assert checkSesuatu(true);
System.out.println("Sesudah assert");
}
public static void main(String[] args)
{
Assert01 a = new Assert01();
a.doAssert();
}
}
{ boolean checkSesuatu(boolean nilaiKembalian)
{
System.out.println("Di dalam checkSesuatu()");
return nilaiKembalian;
}
void doAssert()
{
System.out.println("Sebelum assert");
//Sintaks 1 dengan booleanExpression bernilai
//true
assert checkSesuatu(true);
System.out.println("Sesudah assert");
}
public static void main(String[] args)
{
Assert01 a = new Assert01();
a.doAssert();
}
}
program diatas menggunakan syntax 1 dengan nilai booleanExpression
bernilai true
Return,
digunakan untuk menyelesaikan pelaksanaan metode. Hal ini dapat diikuti oleh
suatu nilai yang dapt diperlukan oleh defenisi metode yang dikembalikan ke
pemanggil.
contoh penggunaan keywords return :
int abs(int x)
{ if (x>=0)
return x;
else
return (-x)
......
}
}
Continue, Digunakan
untuk melanjutkan eksekusi program pada akhir tubuh loop saat ini.
Jika diikuti dengan label, continue eksekusi kembali pada akhir tubuh loop
brlabel melampirkan.
contoh penggunaan dalam program :
public class contohContinue {
public static void main(String args[]) {
int i=0;
do {
i++;
if (i==3) <strong>continue</strong>;
System.out.println(”iterasi ke : “+i);
if (i==5) <strong>break</strong>;
} while(i <= 9);</em>
}
}
Break,Digunakan untuk melanjutkan pelaksanaan program dipernyataan
segera setelah blok melampirkan saat ini ataupernyataan jika diikuti
sebuah label.
public class ContohBreak {
public static void main(String args[]) {
int i = 0;
do {
i++;
System.out.println(i);
if (i==5) <strong>break</strong>;
} while (i <= 9);
}
}
int i = 0;
do {
i++;
System.out.println(i);
if (i==5) <strong>break</strong>;
} while (i <= 9);
}
}
If, if digunakan untuk membuat pernyataan jika yang menguji
suatu ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan dengan jika
pernyataan dijalankan. Kata kunci ini juga dapat digunakan untuk membuat
pernyataan jika lain
syntax if :
if (condition is true)
{
execute this statement
}
contoh pada program :
if (age < 16)
{
isChild = true;
discount = 10;
}
Else, Kata kunci ini dapat digunakan bersama if untuk membuat penyataan if-else yang mengujisuatu ekspresi Boolean, jika ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan dengan if dievaluasi, jika ia bernilai false blok, dari laporan yang berkaitan dengan else dievaluasi.
contoh penggunaan:
if (age < 16)
{
isChild = true;
discount = 10;
}
else
{
discount = 0;
}
Byte, byte kata kunci yang digunakan untuk menyatakan suatu bidang yang dapat menyimpan sebuah 8 – bit menandatangani dua complement integer. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe byte.
Switch, Kata kunci yang digunakan dalam hubunganya dengan case dan default untuk membuat pernyataan swtch,yang mengavaluasi sebuah variable, nilai cocok untuk tertentu case,dan engeksekusi blok pernyataan terkait dengan case.
syntax if :
if (condition is true)
{
execute this statement
}
contoh pada program :
if (age < 16)
{
isChild = true;
discount = 10;
}
Else, Kata kunci ini dapat digunakan bersama if untuk membuat penyataan if-else yang mengujisuatu ekspresi Boolean, jika ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan dengan if dievaluasi, jika ia bernilai false blok, dari laporan yang berkaitan dengan else dievaluasi.
contoh penggunaan:
if (age < 16)
{
isChild = true;
discount = 10;
}
else
{
discount = 0;
}
Byte, byte kata kunci yang digunakan untuk menyatakan suatu bidang yang dapat menyimpan sebuah 8 – bit menandatangani dua complement integer. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu metode mengembalikan nilai tipe byte.
Switch, Kata kunci yang digunakan dalam hubunganya dengan case dan default untuk membuat pernyataan swtch,yang mengavaluasi sebuah variable, nilai cocok untuk tertentu case,dan engeksekusi blok pernyataan terkait dengan case.
Case, Case digunakan untuk membuat kasus-kasus individu
dalam pernyataan switch.
syntax switch dan case :
switch (value)
{
case constanta 1 : statement 1;
break;
case constanta 2 : statement 2;
break;
.....
.....etc
default : statement x;
}
For, for kata kunci digunakan untuk membuat loop, yang menmpatkan inisialiasai variabel, suatu ekspresi Boolean, dan suatu incrementation. Inisialisasi variabel dilakukan terlebih dahulu, kemudian ekspresi Boolean dievaluasi. Jika ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan loop dijalaankan dan kemudian incrementation yang dilakukan.
contoh penggunaan dalam program :
public class Looping {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
for(int i=1; i<=5; i++){
System.out.println(i);
}
}
}
{
case constanta 1 : statement 1;
break;
case constanta 2 : statement 2;
break;
.....
.....etc
default : statement x;
}
For, for kata kunci digunakan untuk membuat loop, yang menmpatkan inisialiasai variabel, suatu ekspresi Boolean, dan suatu incrementation. Inisialisasi variabel dilakukan terlebih dahulu, kemudian ekspresi Boolean dievaluasi. Jika ekspresi bernilai true, blok pernyataan yang berhubungan loop dijalaankan dan kemudian incrementation yang dilakukan.
contoh penggunaan dalam program :
public class Looping {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
for(int i=1; i<=5; i++){
System.out.println(i);
}
}
}
Do, kata kunci yang dpat digunakan bersama dengan whie untuk
membuat sebuah dowhile loop, yang menjalankan suatu blok statement
berkaitan dengan loop dan kemudian tes ekspresi Boolean yang dapat berkait
dengan while, jika ekspresi bernilai true, blok dijalankan lagi, ini
trussampai ekspresi bernilai false.
While, Kata kunci digunakan untuk membuat loop semntara, ynag
menguji suatu ekspresi Boolean dan mengeksekusi blok pernyataan yang
berhubungan dengan loop jika ekspresi bernilai true, ini terus sampai
ekspresi bernilai false. Kta kunci ini juga dapat digunakan untuk membuat
sebuah do-while-loop.
public class Looping {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
int i=1;
while (i <= 5){
System.out.println(i);
i++;
}
}
}
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
int i=1;
while (i <= 5){
System.out.println(i);
i++;
}
}
}
Float, Float kata kunci digunakan untuk menyatakan sebuah
lapanagn yang dapa memegang 32-bit persisi tunggal IEEE 754-angka floating
point. Kata kinci ini juga digunakan untuk menyatkan bahwa suatu metode
mengembalikan tipe float.
Char, char kata kunci digunakan untuk menyatakan bidang yang
dapat menyimpan 16-bit Unicode karakter. Kata kunci ini juga digunakan
untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe char.
Int, Adalah kata kunci yang digunakan untuk menyatakan
sebuah lapangan yang dapat memegang 32-bit masuk integer melengkapi dua.
Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang
mengembalikan nilai int.
Default, default digunakan dalam sebuah pernyataan switch untuk
label blok pernyataan yang akan dieksekusi jika tidak ada case cocok
dengan nilai yang ditentukan.
Import, Digunakan pada awal sebuah file sumber untuk
menentukan kelas atau seluruh paket JAVA untuk disebut kemudian tanpa
termasuk paket-paket mereka nama-nama dalam referensi. Sejak J2SE 5.0,
import laporan dapat mengipor statc anggota kelas.
New, new digunakan untuk membuat sebuah instance dari sebuah
kelas atau array.
Package, Sekelompok jenis paket dinyatakan dengan package kata
kunci.
Interface, digunakan untuk menyatakan tipe khusus kelas yang hanya
berisi metode abstrak, konstan (static final) bidang dan static interface.
Hal ini nantinya akan diimplementasikan oleh kelas yang menyatakan
antarmuka dengan implementasi kata kunci.
Long, long kata kunci digunakan unuk menyatakan sebuah lapangan
yang dapat memegang 64-bit masuk integer yang melengkapi dua. Kata kunci
ini digunakan untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe
long.
Native, digunakan dalm deklarasi metode untuk
menentukan bahwa metode ini tidak diimplementasikan dalam file sumber java
yang sama, melainkan dalm bahasa lain.
Private, Kata kunci yang digunakan dalam pembagian lapangan,
metode, atau kelas batin, anggota swasta hanya dapat diakses oleh anggota
lain dari kelas mereka sendiri.
Public, Piblic kata kunci yang digunakan dalam deklarasi
metode, kelas, atau bidang, kelas umum, metode dan bidang dapat diakses
oleh anggota dari setiap kelas.
Static, digunakan untuk menyatakan sebuah lapangan, metode atau
kela batin sebagaibidang kelas. Kelas mempertahankn satu salinan bidang kelas
terlepas dari berapa banyak contoh yang ada dari kelas itu. Static juga
digunakan untuk mendefinisikan sebuah metode sebagai metode kelas. Kelas
metode yang terikat ke kelas, bukan ke contoh spesifik, dan hanya dapat
beroperasi pada kolom kelas. (kelas dan interface dideklarasikan sebagai
static anggota lain kelas atau interface sebenarnya top-level kelas dan
tidak inner class).
This, digunakan untuk mewakili sebuah instance dari kelas dimana
ia muncul. This dapat digunakan untuk mengakses anggota kelas sebagai
referensi. This juga kata kunci digunakan untuk meneruskan panggilan dari
satu konstuktor dikelas untuk konstuktor lain dikelas yang sama.
Throw, kata kunci yang digunakan untuk menangani exception jenis
tugas yang kompatibel. Jikatik adahandler pengecualian tersebut ditemukan
dalam metode yang sekarang, maka kembali metode dan proses ini diulang
dalam metode distack, maka pengecualian dilewatkan kehandler pengecualian
theard itu tidak tertangkap.
Try, Medefinisikan blok pernyataan yang telah exception
handling. Jika pengecualian dilemparkan dalam try blok, opsional catch
blok dapat menagani menyatakan jenis pengecualain. Juga,opsionalfinally
blok dapat dideklarasikan yang akan dijalankan ketika keluar eksekusi try
blok dan catch klausa, telepas dari apakah pengecualain dibuang atau
tidak. Sebuah try blok harus memilki minimal satu catch klausa
atau finally blok.
Void, kata kunci yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu
metode tidak mengembalikan nilai apapun.
Volatile, digunakan dalam deklarasi lapangan untuk menentukan bahwa
variabel yang diubah asynchronously oleh bersamaan menjalankan thread,
metode, kelas dan interface sehingga tidak dapat dideklarasikan volative.
Boolean, Kata kunci yang digunakan untuk menyatakan suatu
bidang yang dapat menyimpan suatu nilai Boolean, yaitu baik true atau
false. Kata kunci ini juga digunakan untuk menyatakn bahwa metode yang
mengembalikan nilai tipe Boolean.
Catch, Mendefinisikan sebuah handler pengecualian kelompok
pernyataan yang dieksekusi jika pengecualian dilemparkan diblok ditentukan
oleh sebelumnya try kata kunci, kode ini akan dijalankan hanya jika kelas
pengecualian dilemparkan adlah tugas kompatibel dengan kelas pengecualian
dideklarasikan oleh catch klausa.
Const, Meskipun reserved sebagai kata kunci dijava, const
tidak digunakan dan memiliki fungsi.
Double, Kata kunci yang digunakan untuk menyatakan sebuah
lapangan yang dapat memegang 64-bit. Kata kunci ini juga digunakan untuk
menyatakan bahwa suatumetode megembalikan nilai tipe double.
Enum, Sebuah java kata kunci yang igunakan untuk
mendeklarasikan tipe enumerasi. Matri memperpanjang kelas dasar enum.
Extends, digunakan dalm sebuah deklarasi kelas untuk menetukan
superclass, digunakan dalam deklarasi interface nutuk menentukan satu atau
lebih superinterface. Kelas X Y meluas kelas untuk menmbah fungsionalitas,
baik dengan menambahkan field atau metode ke Y kelas, atau dengan
meng-overridemetode kelas Y. Antarmuka Z memperluas satu atau lebih
interface dengan menmbahkan metode. Kelas X dikatakan sebagai subclass Y
kelas, interface Z dikatakan sebagai interface dari interface itu meluas.
Juga digunakan untuk menentukan batas atas sebuah ketik Generics.
Final, Mendefinisikan entitas sekali yang tidak dapat diubah
atau berasal dari nanti. Lebih spesifk, sebuah kelas akhir tidak dapat
subclassed, metode akhir tidak dapat diganti, dan variabel final dapat
trjadi paling banyak sekali sebagai ekspresi kiri. Semua metode dikelas
terakhir secara implicit final.
Finaly, digunakan untuk mendefinisikan suatu blok statement untuk
blok yang ditetakan sebelumnya oleh try kata kunci. Yang finaly blok
dijalankan setelah keluar eksekusi try blok dan apapun yang terkait catch
klausa terlepas dari apakah pengecualian terlempar atau tertangkap, atau
eksekusi meninggalkan metode ditengah try atau catch. blok menggunakan
return kata kunci.
Goto, Meskipun receved sebagai kata kunci dijava, goto tidak
digunakan dan memiliki fungsi pada java.
Implement, Untuk menentukan satu atau lebih interface yang
diimplementasikan oleh kelas saat ini. Kelas A mewarisi jenis dan metode
abstrak dinyatakan oleh interface.
Instanceof, Sebuah operator biner yang menggunakan
sebuahreferensi objek sebagai operan pertama dan kelas atau antar muka
sebagai operan kedua dan menghasilkan hasil Boolean.
Protected, Kata kunci yangdigunakan dalam pembagian lapangan,
metode,atau kelas batin, anggota yang dilindungi hanya dapat diakse oleh
anggota kelas mereka sendiri, bahwa kelas itu subclass atau kelas yang
sama.
Strictfp, Sebuah java kata kunci yang digunakan untuk membatasi
persis dan pembulatan pehitungan floating point untuk memastikan
portabilitas.
Super, Untuk mengakse anggota kelas diwariskan oleh kelas
dimana ia muncul. Super
kata kunci juga digunakan untuk meneruskan panggialn
dari konstruktor di superclass.
Transient, Menytakan bahwa medan bukan contoh default seri
bentuobjek.
Synchronized, Digunakan dalam deklarasi atau blok kode
metode untuk mendapatkan mutex kunci untuk objek sedangkan saat benag
mengekekusi kode.
Throws, Digunakan dalam deklarasi metode untuk menentukan
pengecualian tidak ditangani dalam metode melainkanditeruskan ketingkat
yang lebih tniggi berikutnya program. Semua tertngkap pengecualian dalam
sebuah metode yang tidak kasus RuntimeException harus dideklarasikan
menggunakan throws kata kunci.
Short, Short kata kunci digunakan untuk menyatakan bidang
bisa menampung 16-bit integer melengkapi menandatangi dua. Kata kunci ini
juga digunaka untuk menyatakan bahwa metode yang mengembalikan nilai tipe
short.
0 komentar:
Posting Komentar