Kamis, 19 November 2015

Tugas PBO - Peminjaman Buku dengan UML dan Eclipse

Diposting oleh BelajarAsik di 11.22


Assalamu’alaikum.. Kembali lagi dengan saya. Di sini saya akan berbagi tugas tentang mata Kuliah Pemrograman Berorientasi Objek (PBO). Pada tugas ini akan digunakan UML dan juga eclipse.
UML merupakan sebuah bahasa yang berdasarkan grafik/gambar untuk memvisualisasi, menspesifasikan, membangun dan pendokumentasian dari sebuah sistem pengembangan software berbasis OO (Object Oriented). UML berbentuk seperti diagram flowcart. Didalamnya ada Class, Atribut, dan Method yang akan digunakan dalam membangun sebuah program OOP. UML menunjukkan relasi antar Class dan juga kedudukan Class tersebut dalam program. Berikut adalah contoh UML Peminjaman Buku yang saya buat menggunakan StarUML :

UML Peminjaman Buku Afinda Nofi

Setelah itu, implementasi pada program. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Buat Class Mahasiswa. Berikut Source codenya :
    public class Mahasiswa
    {   private int nim;
        private String address;
        private String name;   

        public void setNIM (int nim)
        {
            this.nim=nim;
        }
        public int getNIM()
        {
            return nim;
        }
        public void setName (String nama)
        {
            this.name=nama;
        }
        public String getName()
        {
            return name;
        }
        public void setAddress(String alamat)
        {
            this.address=alamat;
        }
        public String getAddress()
        {
            return address;
        }
    }
Afinda Nofi

2. Buat Class Peminjaman. Berikut source codenya :
public class Peminjaman
{
    public Buku bukuDipinjam;
    public Mahasiswa anggota;
   
    void peminjaman (Mahasiswa member, Buku book)
    {
        anggota=member;
        bukuDipinjam=book;
    }
   
    void lihatdatapeminjaman ()
    {
        System.out.println ("DATA PEMINJAMAN BUKU");
        System.out.println ("NIM : " +anggota.getNIM());
        System.out.println ("Nama : " +anggota.getName());
        System.out.println ("Alamat : " +anggota.getAddress());
        System.out.println ("Judul Buku : " +bukuDipinjam.getTitle());
        System.out.println ("Nama Penulis : " +bukuDipinjam.getWriter());
    }
}

Afinda Nofi

3. Buat Class Buku. Berikut source codenya :
public class Buku {

    protected String title;
    protected String writer;
   
    public void setTitle (String title)
    {
        this.title=title;
    }
   
    public String getTitle()
    {
        return title;
    }
   
    public void setWriter (String writer)
    {
        this.writer=writer;
    }
   
    public String getWriter ()
    {
        return writer;
    }
}
 
Afinda Nofi

4. Buat Class Komik. Berikut Source codenya :
public class Komik extends Buku
    {
        Boolean gambar;
    }
 
Afinda Nofi

5. Buat Class PeminjamanTest untuk mengecek hasil programnya. Berikut source codenya :
public class PeminjamanTest
{
    public static void main (String [] args)
    {
        Buku bukuku=new Buku();
        Mahasiswa siswa=new Mahasiswa();
        Peminjaman pinjam=new Peminjaman();
        Komik book=new Komik();
       
        siswa.setNIM (41);
        siswa.setName ("Afinda Nofi Nurfiyana");
        siswa.setAddress ("Pati");
       
        bukuku.setTitle("Layar Terkembang");
        bukuku.setWriter ("Sutan Takdir Alisyahbana");
       
        book.setTitle("Detective Conan");
        book.setWriter("Aoyama Gosho");
       
        pinjam.peminjaman (siswa, bukuku);
        pinjam.lihatdatapeminjaman();
       
        pinjam.peminjaman (siswa, book);
        pinjam.lihatdatapeminjaman();
    }
}
Afinda Nofi

Dan jika di run maka hasilnya sebagai berikut :


Demikianlah sedikit mengenai konsep UML dan contoh penerapannya dalam program. Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Afinda Nofi Nurfiyana Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting