Assalamu’alaikum..
Kembali lagi dengan saya. Di sini saya akan berbagi tugas tentang mata Kuliah Pemrograman
Berorientasi Objek (PBO). Pada tugas ini akan digunakan UML dan juga eclipse.
UML merupakan sebuah bahasa yang berdasarkan grafik/gambar untuk
memvisualisasi, menspesifasikan, membangun dan pendokumentasian dari sebuah
sistem pengembangan software berbasis OO (Object Oriented). UML berbentuk
seperti diagram flowcart. Didalamnya ada Class, Atribut, dan Method yang akan
digunakan dalam membangun sebuah program OOP. UML menunjukkan relasi antar
Class dan juga kedudukan Class tersebut dalam program. Berikut adalah contoh
UML Peminjaman Buku yang saya buat menggunakan StarUML :UML Peminjaman Buku Afinda Nofi |
Setelah itu, implementasi pada program. Berikut adalah langkah-langkahnya :
1.
Buat Class Mahasiswa. Berikut Source codenya :
public class Mahasiswa
{ private int nim;
private String address;
private String name;
public void setNIM (int nim)
{
this.nim=nim;
}
public int getNIM()
{
return nim;
}
public void setName (String nama)
{
this.name=nama;
}
public String getName()
{
return name;
}
public void setAddress(String alamat)
{
this.address=alamat;
}
public String getAddress()
{
return address;
}
}
{ private int nim;
private String address;
private String name;
public void setNIM (int nim)
{
this.nim=nim;
}
public int getNIM()
{
return nim;
}
public void setName (String nama)
{
this.name=nama;
}
public String getName()
{
return name;
}
public void setAddress(String alamat)
{
this.address=alamat;
}
public String getAddress()
{
return address;
}
}
Afinda Nofi |
2. Buat Class
Peminjaman. Berikut source codenya :
public class Peminjaman
{
public Buku bukuDipinjam;
public Mahasiswa anggota;
void peminjaman (Mahasiswa member, Buku book)
{
anggota=member;
bukuDipinjam=book;
}
void lihatdatapeminjaman ()
{
System.out.println ("DATA PEMINJAMAN BUKU");
System.out.println ("NIM : " +anggota.getNIM());
System.out.println ("Nama : " +anggota.getName());
System.out.println ("Alamat : " +anggota.getAddress());
System.out.println ("Judul Buku : " +bukuDipinjam.getTitle());
System.out.println ("Nama Penulis : " +bukuDipinjam.getWriter());
}
}
{
public Buku bukuDipinjam;
public Mahasiswa anggota;
void peminjaman (Mahasiswa member, Buku book)
{
anggota=member;
bukuDipinjam=book;
}
void lihatdatapeminjaman ()
{
System.out.println ("DATA PEMINJAMAN BUKU");
System.out.println ("NIM : " +anggota.getNIM());
System.out.println ("Nama : " +anggota.getName());
System.out.println ("Alamat : " +anggota.getAddress());
System.out.println ("Judul Buku : " +bukuDipinjam.getTitle());
System.out.println ("Nama Penulis : " +bukuDipinjam.getWriter());
}
}
Afinda Nofi |
3. Buat Class Buku.
Berikut source codenya :
public class Buku {
protected String title;
protected String writer;
public void setTitle (String title)
{
this.title=title;
}
public String getTitle()
{
return title;
}
public void setWriter (String writer)
{
this.writer=writer;
}
public String getWriter ()
{
return writer;
}
}
protected String title;
protected String writer;
public void setTitle (String title)
{
this.title=title;
}
public String getTitle()
{
return title;
}
public void setWriter (String writer)
{
this.writer=writer;
}
public String getWriter ()
{
return writer;
}
}
Afinda Nofi |
4. Buat Class Komik.
Berikut Source codenya :
public class Komik extends Buku
{
Boolean gambar;
}
{
Boolean gambar;
}
Afinda Nofi |
5. Buat Class
PeminjamanTest untuk mengecek hasil programnya. Berikut source codenya :
public class PeminjamanTest
{
public static void main (String [] args)
{
Buku bukuku=new Buku();
Mahasiswa siswa=new Mahasiswa();
Peminjaman pinjam=new Peminjaman();
Komik book=new Komik();
siswa.setNIM (41);
siswa.setName ("Afinda Nofi Nurfiyana");
siswa.setAddress ("Pati");
bukuku.setTitle("Layar Terkembang");
bukuku.setWriter ("Sutan Takdir Alisyahbana");
book.setTitle("Detective Conan");
book.setWriter("Aoyama Gosho");
pinjam.peminjaman (siswa, bukuku);
pinjam.lihatdatapeminjaman();
pinjam.peminjaman (siswa, book);
pinjam.lihatdatapeminjaman();
}
}
{
public static void main (String [] args)
{
Buku bukuku=new Buku();
Mahasiswa siswa=new Mahasiswa();
Peminjaman pinjam=new Peminjaman();
Komik book=new Komik();
siswa.setNIM (41);
siswa.setName ("Afinda Nofi Nurfiyana");
siswa.setAddress ("Pati");
bukuku.setTitle("Layar Terkembang");
bukuku.setWriter ("Sutan Takdir Alisyahbana");
book.setTitle("Detective Conan");
book.setWriter("Aoyama Gosho");
pinjam.peminjaman (siswa, bukuku);
pinjam.lihatdatapeminjaman();
pinjam.peminjaman (siswa, book);
pinjam.lihatdatapeminjaman();
}
}
Afinda Nofi |
Dan jika di run maka
hasilnya sebagai berikut :
Demikianlah
sedikit mengenai konsep UML dan contoh penerapannya dalam program. Semoga
bermanfaat :)
0 komentar:
Posting Komentar