BAB II
MENGENAL ADOBE FLASH
Materi :
-
Mengenal Stage
-
Mengenal Scene, Layer, dan Frame
-
Mengenal ToolBox
-
Mengenal Panel
Penggunaan Tools Pada Flash
Penjelasan:
1.
Tab
Dokumen menunjukan tabulasi dari suatu dokumen
atau stage yang sedang dibuat.
2.
Menu
bar suatu barisan menu yang berfungsi
untuk melakukan perintah yang di tampilkan menggunakan text.
3.
Workspace
digunakan untuk mengatur layout atau tampilan area kerja di Adobe Flash CS6.
4.
Stage menunjukan suatu tempat dibuat atau diolahnya
keseluruhan obyek yang ada di Adobe Flash CS6.
5.
Scale
View berfungsi untuk mengatur skala atau
ukuran pada Stage.
6.
Timeline pada
bagian ini digunakan untuk memanage( mengatur dan mengontrol) isi yang ada di
file dokumen dalam layar dan frame.
7.
Motion
editor merupakan kelanjutan dari timeline
yang juga digunakan untuk mengontrol animasi.
2.1 Mengenal Stage
Stage
adalah lembar kerja yang digunakan untuk membuat atau mendesain objek yang akan
dianimasikan. Objek yang dibuat dalam lembar kerja dapat berupa objek Vektor,
Movie clip, Text, Button, dan lain-lain.
2.1.1 Penjelasan Bagian Stage
1.
Stage,
lembar kerja untuk menyusun objek yang akan dianimasikan.
2.
Scene,
menunjukan nama scene yang aktif.
3.
Panah
yang digunakan untuk berpindah dari lembar kerja simbol ke lembar kerja utama.
4.
Edit Scene,
untuk memilih nama scene yang akan diedit.
5.
Edit Symbols,
untuk memilih nama simbol yang akan diedit.
6. Zoom, untuk mengatur besarnya tampilan stage atau lembar kerja.
2.1.2 Mengatur Stage
Pada menu bar kalian bisa pilih Modify lalu pilih Document setelah itu akan tampil
jendela Document Settings seperti
pada gambar dibawah. Setelah kalian atur kalian dapat memilih tombol OK.
Penjelasan:
1.
Dimension
pada bagian ini digunakan untuk mengatur ukuran Stage dengan memberi nilai
Width untuk nilai lebar dan juga Height untuk memberi nilai tinggi pada Stage.
2.
Scale content with stage jika di centang maka ukuran objek secara otomatis akan menyesuaikan ukuran
Stage ketika diubah.
3.
Ruler units
digunakan untuk menentukan nilai satuan ukur yang dipilih seperti pada gambar
diatas menggunakan Pixels untuk satuan ukuranya.
4.
Background color
untuk menentukan latar belakang dari warna Stage.
5.
Frame rate
untuk mengatur banyaknya frame yang dihasilkan dalam setiap detiknya,digunakan
untuk keperluan animasi.
6.
Auto-Save
fitur yang sangat berguna di Adobe Flash CS6 kalian dapat mengatur waktu untuk
penyimpanan otomatis.Jika PC atau komputer kalian mati namun pekerjaan lupa
kalian simpan,maka fitur ini akan membuat file recovery ketika kalian membuka
lagi Software Adobe Flash CS6.
2.1.3 Menggeser Stage
Kalian dapat menggeser Stage atau lembar kerja dengan
menggunakan tools yang ada di Panel
Tools.
Langkah 1. Pilih tombol yang bernama Hand Tool.
Langkah 2. Lalu
Klik Objek atau gambar dan geser pada posisi yang diinginkan.
2.1.4 Mengatur Skala Stage
Saat kalian sedang mengerjakan suatu objek terkadang
ada salah satu objek yang harus kalian
zoom pada posisi tertentu, untuk memaksimalkan hasil dari pengerjaan suatu
objek. Nah kalian dapat melakukanya dengan mengatur skala stage dengan cara:
Langkah 1. Pilih
tombol yang bernama Zoom Tool pada Panel Tools.
Langkah 2. Maka
akan muncul dua pilihan yaitu Enlarge
dan reduce
-
Enlrage
digunakan untuk memperbesar tampilan di Stage.
-
Reduce
digunakan untuk memperkecil tampilan di Stage.
2.1.5 Menampilkan Ruler Pada Stage
Ruler digunakan untuk membantu kalain dalam mengerjakan
suatu objek,agar ukuran dan bentuk objek memiliki presisi ukuran yang tepat.
Kalian dapat mengaktifkanya dengan cara:
Pada menu bar kalian dapat memilih menu View lalu pilih Rulers. Maka Rules akan muncul seperti tampilan di bawah ini:
2.1.6 Menampilkan Grid Pada Stage
Grid digunakan untuk membantu dalam
pengerjaan objek yang dimana akan menampilkan kotak bantu yang berjajar pada
area Stage. Kalian dapat mengaktifkanya dengan cara:
Pada
menu bar kalian dapat memilih menu View pilih Grid
lalu Show Grid. Maka tampilannya
akan berubah menjadi seperti ini:
0 komentar:
Posting Komentar